Spesifikasi Standar Laptop Gaming yang Dibutuhkan oleh Gamers

Spesifikasi Standar Minimal Laptop Gaming yang Dibutuhkan oleh Gamers
Spesifikasi Standar Minimum Laptop Gaming 

Laptop gaming merupakan sebutan untuk laptop yang memiliki kemampuan kinerja tinggi terkhusus untuk memainkan game dan aktivitas berat lain seperti editing video, grafis, dll. Untuk mendukung kegiatan tersebut tentulah kamu harus mempunyai laptop dengan spesifikasi mumpuni, Namun apa saja kah spesifikasi minimum standar yang juga dapat mendukung aktivitas diatas?.

Mempunyai sebuah komputer ataupun laptop dengan spesifikasi gahar tentu menjadi impian semua orang terlebih para gamers yang semakin tahun semakin diakui dunia di ranah Esport saat ini.

Namun apabila kamu hanya mempunyai sebuah perangkat laptop dengan spesifikasi apa adanya atau mininum tentu tak heran jika terjadi lag atau labat saat menjalankan sebuah game berat, ataupun editing video dan grafis.

Lalu apa sajakah spesifikasi-spesifikasi dari laptop yang dapat dikategorikan sebagai standar dari laptop gaming? Simak penjelasannya berikut ini.

Spesifikasi Standar Minimal Laptop Gaming 

1. Processor

Mulai dari processor merupakan organ inti dari sebuah komputer maupun laptop. Semakin tinggi tipe processor yang digunakan semakin cepat pula kinerja yang dihasilkan dari pc/laptop tersebut.

Pada laptop gaming jelas telah memakai jenis processor yang tinggi. Ada dua jenis brand processor yang ada saat ini, yakni AMD dan Intel.

Untuk processor dengan jenis intel Minimal yang diguanakan ialah Core i5 keatas. Sedangkan untuk AMD gunakan jenis yang cocok untuk gaming seperti A8, A10 dan Fx Series.

Tak hanya mengenai jenis dan tipe brand dari processor, kamu juga harus tau kecepatan processor tersebut yang ditandai dengan kecepatan Ghz yang dipakai. Jika semakin tinggi angka Ghz pada processor maka semakin tinggi kinerja processor tersebut.

2. VGA

Vga sangat berhubungan dengan kinerja komputer atau laptop saat menjalankan aktivitas berat seperti bermain game. Pada laptop gaming biasanya menggunakan VGA card dibanding VGA yang ditanam pada laptop.

Jenis VGA Card standar untuk laptop gaming ialah dari brand Nvidia dan AMD. Untuk Nvidia terdapat jenis vga yang banyak dipakai pada laptop gaming yakni Geforce GTX Series. Sedangkan untuk AMD menggunakan jenis AMD Radeon RX Series.

3. RAM

RAM merupakan memori penyimpanan sementara yang digunakan saat kita menjalankan sebuah program pada laptop/komputer. Selain membutuhkan visual yang tinggi memori yang digunakan juga harus turut besar.

Standar umum dari RAM yang ideal dipakai pada laptop gaming ialah dengan ukuran 4GB keatas.

4. Harddisk

Ram dan harddisk ini mempunyai fungsi yang bersangkutan saat melakukan pekerjaan berat seperti bermain game. Selain membebankan memori pada Ram, memori pada harddisk pun ikut serta.

Kapasitas ideal harddisk yang digunakan pada laptop gaming ialah ukuran 500GB keatas. namun sangat disarankan untuk mengguakan harddisk dengan ukruan 1 Terabyte (1TB) pada laptop gaming.

5. Ukuran Layar

Mengenai ukuran layar pada laptop. tentu laptop dengan ukuran monitor layar yang kecil sangat tidak nyaman digunakan jika bermain game, apalagi game yang sangat membutuhkan penglihatan detail grafik kepada penggunanya termasuk seperti game FPS, Battleground, Moba dan lain-lain.

Ukuran Layar standar dari laptop gaming yang digunakan ialah 15,6 inci. ukuran tersebut merupakan ukuran minimal untuk kategori laptop gaming. Namun ini juga kembali kepada konsumen, semakin lebar ukuran layar juga mempengaruhi harga dari laptop tersebut.

Dari beberapa ulasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Laptop gaming memerlukan spesifikasi yang tinggi agar dapat berkerja secara maksimal dalam menjalankan sebuah game agar tidak terdapat Lagging, Fps drop, atau frezee frame saat bermain game.

Semakin tinggi spesifikasi yang digunakan maka semakin tinggi juga harga yang ditawarkan, Laptop gaming saat ini untuk spek standar sata berkisaran antara harga 10 juta keatas.

Namun apabila kamu memiliki anggaran yang kurang, ada baiknya untuk memilih jalan alternatif yakni dengan merakit pc gaming yang biasa sedikit lebih murah atau membeli laptop gaming bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *