Inilah Penyebab Harddisk Rusak & Tidak Terbaca di PC Laptop yang Sering Terjadi

Penyebab harddisk rusak & tidak terbaca di laptop komputer
Penyebab Harddisk Rusak & Tidak Terbaca di Laptop ataupun Komputer

Penyebab Harddisk Rusak & Tidak Terbaca di PC Laptop yang Sering Terjadi – Pernahkah kalian mengalami beberapa masalah pada harddisk di laptop ataupun komputer kalian?. mulai dari harddisk yang tidak terbaca / tidak terdeteksi, bad sector, error, maupun kerusakan lainnya. jika hal hal yang sangat tidak diinginkan itu terjadi tentu akan sangat merepotkan dan menyulitkan sekali bagi kita jika ingin mengambil file file dari harddisk yang telah rusak tersebut.

jika saja kerusakan yang terjadi pada harddisk tersebut merupakan kerusakan yang ringan maka kemungkinan kita bisa mengambil kembali file file yang berada di harddisk tersebut dengan cara recovery, akan tetapi jika kerusakannya yang terjadi sudah dalam tingkat lanjut atau fatal maka kita harus rela file-file yang berada di penyimpanan harddisk tersebut lenyap.

Harddisk merupakan komponen yang termasuk dalam kategori hardware pada komputer. yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada sebuah komputer maupun pada laptop. harddisk ini juga merupakan komponen inti yang wajib terdapat dalam sebuah komputer, karena sistem operasi yang akan menjalankan sebuah komputer di jalankan melalui harddisk ini.

Umumnya di dalam sebuah penyimpanan harddisk akan di bagi menjadi dua bagian atau partisi, antara bagian untuk sistem operasi komputer dan sebagiannya lagi sebagai penyimpanan tambahan untuk pengguna / user.

Jika komponen alat penyimpanan ini tidak dapat diakses tentu kita tidak dapat lagi menggunakan komputer maupun laptop dikarenakan tidak adanya sumber booting untuk menjalankan sistem komputer selain menggunakan media tambahan.

Baca juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Secara Permanen

Lalu apakah yang bisa menjadi penyebab beberapa permasalahan yang terjadi pada harddisk tersebut?, mungkin beberapa hal yang ternyata bisa menjadi penyebab kerusakan harddisk yang tidak terbaca dibawah ini sering sekali kalian sepelakan dan kalian acuhkan. yang ternyata bisa sebagai punca terjadinya kerusakan pada alat penyimpanan tersebut. Silahkan simak apa saja hal hal yang dapat menjadi Penyebab Harrdisk Rusak & Tidak Terbaca di PC / Laptop yang sering sekali terjadi berikut ini.

Penyebab Harddisk Rusak & Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop dan Solusinya

1. Usia

Hal yang menjadi acuan penyebab harddisk rusak dan tidak terbaca yang pertama tentu ialah usia pada harddisk yang kalian gunakan tersebut. semakin lama usia pemakaian pada harddisk tentu akan semakin besar pula kemungkinan akan terjadinya kerusakan pada harddisk tersebut.

Seperti pada perangkat elektronik pada umunya, semakin lama pemakaian maka tingkat terjadinya kerusakan pun tak dapat dihindari. jika harddisk yang kalian gunakan adalah keluaran lama yang telah termakan usia, hal yang pasti terjadi ialah harddisk mulai lambat dalam membaca file-file, oleh sebab itu untuk mencegah kerusakan fatal lebih lanjut yang terjadi ada baiknya kalian mengganti harddisk tersebut dengan harddisk yang baru.

2. Piringan Harddisk tidak Mengeluarkan Suara

Pada harddisk komputer terdapat sebuah cakram berbentuk lingkaran di dalamnya, cakram tersebut berfungsi sebagai media yang bekerja untuk membaca file, jika kita menggunakan harddisk baik disaat menghidupkan komputer maka harddisk akan mengeluarkan sedikit suara bunyi bising yang berasal dari berputarnya cakram didalam harddisk tersebut.

Hal itu menunjukkan bahwa harddisk tersebut bekerja dalam membaca file. akan tetapi jika tidak terdengar lagi suara piringan cakram yang berputar tersebut, maka dapat di pastikan itu lah yang menyebabkan harddisk pada komputer kalian tidak terbaca ataupun rusak. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengecek secara langsung keadaan harddisk apakah benar benar rusak atau tidak dengan cara mengganti kabel yang terhubung pada harddisk dengan kabel yang baru. bisa jadi hanya kabel Sata/ATA itu lah yang mengalami kerusakan.

3. Kesalahan Pemasangan Kabel penghubung Harddisk

Pada bagian pemasangan kabel juga menjadi inti dari sebelum permasalahan fatal yang kemungkinan terjadi. Jika saja kalian salah dalam memasang perkabelannya ataupun kabel digunakan tidaklah baik maka harddisk pun tidak dapat digunakan secara maksimal.

Oleh karena itu cobalah bongkar kembali hardisk dan kemudian pasang lagi secara perlahan sekaligus memeriksa apakah setiap pin yang terdapat pada port kabel dalam keadaaan baik atau tidak. lakukanlah pemasangan dilakukan sesuai pada tempatnya.

4. Terinfeksi Virus

Virus komputer juga menjadi salah satu penyebab kerusakan pada harddisk. tak hanya menyerang flashdisk saja seperti yang umumnya terjadi, namun secara tidak langsung atau tidak disadari virus juga bisa terdapat bahkan bersembunyi didalam harddisk kita sendiri.

Beberapa hal yang terjadi jika harddisk yang kita gunakan tersebut telah terjangkit virus berupa kinerja harddisk yang melambat dalam membaca file, menghambat jalannya software, error booting sistem operasi, dan kerusakan fatal yang bisa merusak file-file system di dalam harddisk. jika hal tersebut telah terjadi dan menyerang sistem operasi pada laptop maupun komputer kalian, Maka satu satunya cara untuk membersihkannya secara keseluruhan adalah dengan menginstal ulang sistem operasi atau Windows komputer laptop.

5. Kesalahan pada Settingan di BIOS

Bukan tidak mungkin jika penyebab harddisk tidak terdeteksi terjadi karena adanya settingan bios yang menonaktifkan pembacaan pada harddisk tersebut. jika tidak terjadi secara manual maka bisa dicurigai pula hal ini terjadi karena adanya serangan virus.

Solusinya adalah dengan melakukan booting masuk kedalam BIOS, cek apakah pengaturan harddisk dalam keadaan Off atau Disable, maka atur lah kembali harddisk tersebut kembali dalam keadaan ON atau Enable. Sebenarnya kasus seperti ini cukup sederhana namun cukup fatal akibatnya.

6. Jarang Melakukan defragment

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari bagi seorang pengguna laptop maupun komputer ialah jarang atau tidak pernah sama sekalai membersihkan “sampah” pada komputernya. menghapus sampah atau file yang tidak berguna ini tentu akan membuat harddisk kita menjadi sedikit lega karena berkurangnya beban cache yang ditampung.

Jika pada ponsel kita sering melakukan pembersihan file file tidak berguna, maka pada laptop ataupun komputer kita juga harus melakukan hal demikian pula, dengan cara melakukan Defragment pada Harddsik yang kita gunakan. Defragment bertujuan untuk memperbaharui kembali harddisk yang kita gunakan agar fungsi-fungsinya dapat bekerja lebih baik kembali.

Ketika kita jarang melakukan defragment, maka yang akan sering terjadi yaitu ialah Bad sector pada harddisk. yang akan menyebabkan penurunan kinerja pada harddisk yang membuat harddisk menjadi tidak stabil. Maka lakukan defragment terhadap harddisk minimal satu minggu sekali jika kalian sering menggunakannya.

7. Sering mematikan secara paksa komputer atau laptop

Hal yang satu ini umumnya sering dilakukan oleh pengguna laptop / komputer awam pada umunya. memang dampak buruknya belum terasa jika sesekali melakukannya, namun jika telah terlalu sering mematikan komputer atau laptop secara paksa maka beberapa permasalahan buruk pun akan turut muncul setelah itu.

beberapa permasalahan yang bisa timbul akibat dari mematikan secara paksa komputer atau laptop ini salah satunya ialah terjadi crash file. ketika sedang ada proses pentransferan file data yang terjadi ketika sistem dimatikan secara paksa maka akan terjadi bentrok atau file crash yang terjadi karena hal tersebut,

8. Komputer atau Laptop sering terjatuh

Hal seperti ini adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh setiap pengguna laptop maupun komputer. karena jika laptop atau komputer yang kita miliki tersebut terjatuh maka hal yang paling rawan terjadi selain dari keruskan pada sistem adalah kerusakan yang terjadi pada layar. apalagi pada sebuah laptop akan sangat rentan sekali terjadi hal seperti ini.

9. Memori penyimpanan Harddisk telah Penuh

Ketika kapasitas penyimpanan memori harddisk telah penuh biasanya akan terdapat peringatan dari sistem. dan jika kalian sering mengabaikan peringatan tersebut, maka bisa saja harddisk kalian dalam waktu dekat akan mengalami keruskan.

Saya sarankan sekali untuk menghindari kapasitas full pada harddisk ini, selain dengan membersihkan file file sampah untuk mengurangi nya, gunakanlah harddisk eksternal sebagai alternatif jika memang harddisk yang kalian gunakan telah mencapai batas maksimum penyimpanannya.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi Penyebab Harddisk rusak dan Tidak terbaca di Laptop ataupun komputer. akan lebih baik lagi kalian menghindari kebiasaan buruk dalam menggunakan komputer atau laptop demi menjaga agar harddisk maupun komponen lainnya tetap dalam keadaan baik dan dapat digunakan lebih lama lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *