Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Baru Membelinya

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Baru Membelinya
5 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Baru Membelinya

Tenaga baterai merupakan sumber daya utama dari sebuah laptop. Jika beterai yang terisi pada laptop telah habis maka bisa dilakukan pengisian ulang menggunakan daya listrik melalui sebuah charger. Selain menggunakan daya baterai, sebenarnya laptop yang dalam keadaan tanpa baterai atau dilepas juga bisa dioperasikan menggunakan daya listrik langsung dengan charger yang tetap terhubung namun hal ini tidak bisa di terapkan pada laptop dengan menggunakan baterai bersifat tanam atau tidak removable.

Apabila kita tetap mengoperasikan laptop dengan tanpa baterai dan hanya terhubung dengan daya listrik saja, tentu hal tersebut sangat tidak dianjurkan karna hal seperti ini dapat mengakibatkan laptop mengalami kerusakan apabila terjadinya listrik mati secara mendadak. Permasalahan yang akan kita bahas kali ini dan merupakan hal yang cukup mengesalkan saat kita menggunakan laptop ialah daya tahan dari laptop yang kita gunakan sering cepat habis atau sering soak. terlebih lagi jika laptop yang kita gunakan telah berumur.

Jika laptop yang kita gunakan telah memiliki waktu pemakaian yang tergolong sudah lama yakni sekitaran lebih dari 3 tahun, maka kasus baterai soak seperti ini sudah bisa dianggap wajar saja mengingat apabila umur sebuah barang elektronik semakin bertambah maka semakin bertambah pula resiko penurunan kualitas dan kemampuan dari barang elektronik tersebut. Namun bagaimana halnya jika laptop yang kita gunakan tersebut masih tergolong baru akan tetapi daya tahan dari baterai nya sudah cepat habis? Apabila kalian mengalami hal seperti ini maka ada baiknya pahami beberapa hal yang menjadi potensi penyebab dari soak atau cepat habis nya baterai laptop kalian tersebut.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis :

1. Laptop yang digunakan dalam kondisi charger terhubung

Kemungkinan penyebab soaknya baterai laptop yang kita gunakan pertama ialah laptop digunakan bersamaan ketika baterai dalam kondisi dicharger atau pengisian. Seperti halnya pada smartphone, ponsel genggam, kamera dan barang elektronik lain yang menggunakan sistem pengisian ulang atau charger terhadap beterainya. Apabila sebuah baterai dalam keadaan sedang dilakukan pengisian ulang, maka seharusnya barang elektronik tersebut tidak digunakan dan dioperasikan. Hal tersebut secara perlahan dapat memperpendek umur serta merusak komponen-komponen pada baterai secara perlahan.

2. Laptop digunakan paksa sampai baterai habis

Ketika kita menggunakan sebuah laptop. maka usahakanlah untuk tidak digunakan sampai baterai yang tersedia menjadi benar-benar habis. Hal ini juga berlaku disaat kita menggunakan sebuah handphone. Apabila kita menggunakan laptop, maka hindarilah untuk menggunakannya sampai daya baterai yang tersedia sudah benar-benar habis dan kosong. Mungkin satu atau dua kali hal ini masih belum terasa berdampak, akan tetapi jika sudah dilakukan terus menerus dan berulang. Maka cepat atau lambat baterai pada laptop yang kalian gunakan akan mudah soak dan komponen yang berada di dalam baterai akan turut mengalami kerusakan.

3. Kualitas baterai yang buruk

Ketika kita hendak membeli sebuah laptop, tentulah kita tidak sembarangan dalam membelinya. sangat penting bagi kita untuk melakukan berbagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan memilih tipe laptop mana yang hendak dibeli sesuai dengan budget yang kita miliki dan sebaiknya sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Pandai lah dalam memilih tipe laptop sesuai dengan spesifikasi yang kita butuhkan serta dibarengi dengan kualitas yang baik termasuk dari kualitas daya tahan baterainya sendiri. Jadi, sebelum kita membeli sebuah laptop ada baiknya carilah informasi-informasi dan testimoni review mengenai tipe laptop apa yang akan kita beli.

Dan apabila kalian telah membeli sebuah laptop baru dan ternyata daya tahan baterainya tidak lama dan selalu cepat habis, maka dipastikan kualitas baterai dari laptop tersebut sengatlah buruk.

4. Memaksakan kemampuan laptop

Mengenai poin yang satu ini biasanya sering dialami oleh orang-orang yang memaksakan laptop yang ia miliki untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat seperti main game high spek, editing video, membuat animasi, design / build application, dan lain-lain. Hal tersebut sah sah saja dilakukan asalakan device yang kalian gunakan memiliki spesifikai yang mumpuni atau tergolong tipe gaming. Namun apabila laptop yang kalian miliki merupakan laptop dengan spesifikasi standar maka sangat tidak dianjurkan untuk terlalu memaksakan laptop melakukan pekerjaan-pekerjaan berat seperti itu.

Ketika hal itu dilakukan tentu saja dapat membebani laptop kalian. dan tanpa disadari baterai pun turut menjadi korban. Perlu kalian ketahui bahwa ketika laptop membuka aplikasi, game, ataupun software yang terbilang berat, otomatis semua komponen-komponen komputer juga turut ikut bekerja ekstra keras termasuk baterai.

Baca juga: Cara Melihat Clipboard History di Windows 10

5. Salah dalam meletakkan laptop

Satu hal lagi yang mungkin kalian belum ketahui, yakni ketika menggunakan sebuah laptop maka usahakanlah jangan menggunakannya dan meletakkannya diatas kasur. Sebab, kasur itu sendiri terbuat dari bahan empuk yang dimana ketika kita mengoperasikan sebuah laptop maka laptop tersebut akan rata tenggelam di permukaan kasur. Nah, perlu kalian ketahui bahwa laptop memiliki sistem pendingin yang memliliki ventilasi letaknya berada pada bagian samping laptop. Ventilasi dari sistem pendingin itu berguna untuk mengeluarkan udara panas yang ditimbulkan dari proses kinerja di laptop itu sendiri. Maka apabila ventilasinya terhalang atau tertutup otomatis panas yang ditimbulkan tidak dapat dikeluarkan dan akan menyebabkan panas berlebihan/overheat. Bahkan yang lebih fatal lagi bisa mengakibatkan korsleting pada laptop.

Nah, bagaimana sudah tahu bukan apa saja hal yang dapat menyebabkan baterai laptop menjadi cepat habis atau soak. Oleh sebab itu, dapat disimpulakan bahwa apabila kita ingin menjaga agar daya tahan dari baterai laptop yang kita gunakan menjadi awet dan taha lama maka bijaklah dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *