Fungsi Komputer Client dalam Sebuah Jaringan Komputer

Fungsi Komputer Client pada Jaringan Komputer
Fungsi Komputer Client dalam sebuah Jaringan Komputer

Fungsi Komputer Client dalam Sebuah Jaringan Komputer – Banyak sekali istilah-istilah khusus di dalam dunia komputer yang kerap sekali digunakan. istilah-istilah atau penyebutan khusus tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam penyampainan dan penyebutan nama baik itu benda yang tampak secara fisik maupun secara non fisik yang terdapat di dunia internet dan teknologi khususnya komputer.

Contoh saja didalam pembelajaran atau pengetahuan yang berhubungan dengan jaringan komputer. salah satu yang sering terdengar ialah istilah komputer client. mungkin bagi kalian yang pernah ataupun sekarang yang sedang menduduki jenjang pendidikan yang berhubungan dengan ilmu komputer khusunya jaringan, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah namanya komputer client.

Secara singkatnya defenisi komputer client adalah satu atau lebih komputer yang mendapatkan akses ataupun palayanan dari komputer server. intinya komputer yang menerima akses pelayanan yang diberikan (share) oleh komputer server.

Layanan seperti apakah yang diterima oleh komputer client?, layanan yang diberikan terhadap komputer client bermacam-macam. karena hal tersebut tergantung kepada apa yang diberikan dan dibagikan oleh komputer server. Contoh kecilnya bisa saja dalam bentuk file, software, aplikasi, akses memori harddisk, bahkan printer.

Komputer-komputer client yang menerima akses dari komputer server tersebut merupakan komputer-komputer yang terlebih dahulu sudah diberi akses koneksi dari komputer server.

Komputer client biasanya mempunyai jumlah yang lebih banyak dari komputer server. mulai dari 1 komputer bahkan bisa mencapai lebih banyak dari perkiraan tergantung dari kapasitas penampungan koneksi yang ditentukan oleh komputer servernya. dan juga tergantung dari kebutuhan baik itu perorangan, sebuah instansi ataupun sebuah perusahaan.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan singkat mengenai komputer client tersebut, langsung saja simak topik dari artikel ini yakni Apa saja fungsi dari Komputer client dalam sebuah jaringan komputer.

Fungsi Komputer Client dalam Sebuah Jaringan

1. Alat/media untuk menerima data yang dikirimkan dari server
Ini merupakan fungsi utama dari sebuah komputer client. sesuai dengan defenisinya fungsi komputer client yang utama ialah sebagai alat atau media penerima data yang dikirimkan oleh komputer server. Biasanya pada komputer client akan terdapat hak akses yang akan nantinya sangat dibutuhkan dalam sebuah jaringan. dan juga dengan adanya komputer client ini, maka pada komputer server tidak terlalu dibebankan oleh berbagai perintah. Sebab, sebagian bahkan semua beban tersebut dalam kemudian dibagikan kepada komputer client.

.2.  Komputer untuk kebutuhan kerja
Seperti yang telah dibahas pada poin di atas, dengan adanya komputer client ini maka tugas yang di bebankan di komputer server dapat “dipindahkan” kepada komputer client. dimana tugas dari komputer server ini hanyalah sebagai pusat dalam mengontrol data yang masuk saja. Sedangkan dalam urusan pengolahan data akan lebih ditangguhkan pada komputer client.

Sejatinya pada komputer client tidaklah semata-mata selalu menerima data dari komputer server saja. komputer client pun juga bisa mengakses dan mendapatkan data/informasi dari komputer client lainnya dikarenakan komputer-komputer client dapat terhubung antara satu sama lain. Dengan begitu, komputer client dapat berbagi tugas kepada komputer client lain.

Baca juga: Waspadai! Ini Penyebab Harddisk yang Rusak yang Sering diabaikan

3. Alat Administrasi
Adanya komputer client ini, maka penggunanya pun dapat mengakses informasi yang terdapat pada sebuah jaringan. Hanya saja, hak akses yang dimiliki komputer client dibatasi oleh admin komputer server. Sehingga pengguna pada komputer client hanya dapat menerima dan mengirimkan informasi yang telah ditentukan komputer server saja.

Contoh kecilnya pada sebuah intstansi perusahaan, ketika terdapat komputer client yang disetting hanya untuk dapat melihat profil sebuah perusahaan dan nama-nama para anggota didalamnya, maka pengguna yang mengakses hanya bisa melihat hal itu saja.

Itulah tadi 3 fungsi dari komputer client pada sebuah jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *