Fungsi dan Kegunaan Struktur Data Dalam Pemrograman

Fungsi dan Kegunaan Struktur Data Dalam Pemrograman
Fungsi Struktur Data Dalam Pemrograman

Dalam proses pembuatan program komputer. Terdapat sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi kita dengar yakni Struktur data. istilah tersebut pasti selalu terlintas atau sering digunakan bagi kamu yang pernah terjun ke dunia pemrograman atau koding. Sebelum kita membahas tentang apa fungsi dan kegunaan dari Struktur data tersebut ada baiknya kita ketahui dahulu apa penjelasan mengenai struktur data dalam pemrograman ini.

Pengertian Struktur Data

Berdasarkan pengertian menurut istilah komputerisasi, struktur data adalah merupakan sebuah cara penyusunan, pengelompokan, penyimpanan, serta pengaturan sebuah data di dalam penyimpanan komputer. Sedangkan pengertian dari data itu sendiri ialah sebuah personifikasi dari fakta yang dimasukkan. bentuknya pun bisa beragam, mulai dari Sinya, tulisan, simbol, bunyi dan lain-lain.

Setelah kita mengetahui penjelasan singkat mengenai apa itu struktur data di atas. Langsung saja kita lanjut mengetahui apa saja sih kegunaan dan fungsi dari Struktur data ini didalam proses pemrograman.

Baca juga: Wajib kenali Ciri ciri VGA Bekas Mining Sebelum anda Beli

Kegunaan Struktur Data Dalam Pemrograman

1. Memberikan kemudahan dalam proses pemrograman

Fungsi dan kegunaan dari struktur data dalam pemrograman yang pertama ialah dapat memberikan kemudalam ketika kita membuat sebuah program. Bayangkan saja apabila kita membuat perintah dalam bentuk bahasa pemrograman akan tetapi kita tidak mengetahui apa bentuk perintah yang kita berikan tersebut kepada komputer. Sudah pasti hal seperti ini akan menyulitkan dan rumit bagi kita dalam melakukan proses koding sebuah program komputer dan pasti menyulitkan bagi programmer-programmer lainnya.

Maka dari itu, dengan adanya struktur data ini, jelas dapat lebih membantu para programmer dan lebih memudahkan dalam memberikan perintah terhadap komputer

2. Memudahkan dalam menggunakan konsep algoritma

Perlu diketahui bahwa konsep algoritma yang berhasil diterapkan pada bahasa pemrograman haruslah menggunakan struktur data yang akurat dan baik pula. Dengan adanya struktur data yang baik, maka konsep algoritma yang akan digunakan pun akan baik. Begitupun sebaliknya. Dengan kita memahami algoritma, maka suatu program akan mudah dilakukan. Hanya, untuk dapat memahami algoritma ini diperlukan suatu metode. Dan metode itulah yang dinamakan sebuah struktur data.

3. Efisiensi memori yang dipakai

Dapat dibayangkan ketika kita melakukan proses koding sebuah program dalam jumlah yang besar. maka berapa memori yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan sebuah program itu. Jika baru satu buah program untuk bagian user, belum lagi ditambah dengan memori yang digunakan pula untuk bagian admin. Nah, apabila struktur data diterapkan, maka sebuah program komputer tentu dapat lebih disederhanakan dan memori yang digunakan pun akan lebih hemat dan sedikit.

4. Memudahkan dalam pengaturan data

Selain memudahkan dalam proses pembuatan sebuah program. kegunaan dari struktur data ini juga memudahkan para programmer dalam mengatur data-data yang dimasukkan pada program kedalam komputer. Jika di analogikan dalam menyimpan sebuah buku ke sebuah rak, maka untuk lebih mudah merapikan buku tersebut ialah dengan mengurutkan buku berdasarkan kategori-kategori atau kelompok.

5. Mempercepat dalam menemukan kesalahan koding

Dengan adanya struktur data ini juga dapat membantu dalam menemukan kesalahan-kesalahan atau error yang teradi ketika coding atau ketika program hendak diujicobakan dibanding dengan tidak menggunakan struktur data. Apabila menggunakan struktur data, maka baris atau lokasi terjadinya error kode akan lebih mudah ditemukan dan dapat diatasi dengan cepat.

Penerapan bahasa program yang sesulit apapun akan lebih mudah di akumulasikan/diterapkan dengan adanya sturktur data ini. Dengan begitu, programmer yang masih belum memahami betul suatu bahasa program yang sulit pun akan lebih mudah penerapannya.

Baca juga: Jenis jenis Lisensi Software Perangkat Lunak di Komputer

Dari beberapa fungsi dan kegunaan dari sturktur data dalam pemrograman diatas, dapat kita sumpulkan bahwa struktur data sangat penting diterapkan ketika kita melakukan pembuatan sebuah program atau coding.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi seorang programmer yang handal, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja fungsi dan penerapan berbagai bahasa pemrograman agar kamu lebih mudah dalam melakukan pembuatan sebuah program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *