Murah dan Berkualitas? Berikut Ciri ciri dan Kegunaan Printer Inkjet

Ciri ciri dan Kegunaan Printer Inkjet
Ciri ciri dan Kegunaan Printer Inkjet

Mesin printer merupakan mesin yang dapat mencetak sebuah dokumen dari file komputer menjadi bentuk dokumen fisik menggunakan tinta dengan media kertas. Jenis printer yang tersedia saat ini sangat beragam. Mulai dari printer yang dapat mencetak menggunakan media kertas hingga dapat mencetak sebuah benda dalam bentuk tiga dimensi.

Salah satu jenis printer yang umum digunakan saat ini ialah printer jenis inkjet. Printer Inkjet merupakan jenis printer yang mudah dijumpai diberbagai tempat, mulai dari di stationery, sekolah, warnet dan tempat pencetakan lainnya. Bagi kalian yang ingin apa saja kah ciri ciri dari printer injket ini dan ingin membedakan mana printer inkjet dengan printer jenis lain. Bisa dilihat keterangan dari ciri ciri printer inkjet berikut ini.

Baca juga: Cara mengatasi Wifi Limited dan No internet access pada Windows 8

Ciri-ciri Printer Inkjet

1. Ukurannya cukup kecil

Ciri yang paling mudah dilihat dari printer jenis inkjet ini ialah dari bentuk tampilan fisik nya yang dapat dibilang lebih kecil dari jenis-jenis printer lainnya. Jika membandingkan ukuran dari printer inkjet hampr setara ukurannya dengan satu kardus air mineral gelas. Oleh karena itu printer inkjet ini bisa dikatakn lebih portable dan lebih mudah untuk dibawa kemana saja mengingat ukurannya yang tidak terlalu besar.

2. Memiliki berat yang cukup ringan

Selain dari ukurannya yang tidak terlalu besar dan mudah dibawa kemana saja. printer inkjet ini juga memiliki berat yang cukup ringan dan tidaklah seberat dari satu buah kardus air mineral gelas tadi. Printer jenis inkjet ini bisa dikatakan cukup ringan dibandingkan printer jenis lainnya dikelasnya.

3. Menggunakan tinta sebagai media utama

Sesuai dengan namanya printer inkjet menggunakan tinta sebagai media utama yang digunakan untuk mencetak dalam bentuk dokumen ataupun foto. Printer inkjet menggunakan tinta yang bervariasi, mulai dari tinta hitam saja maupun tinta yang memiliki banyak warna. Penggunaan jenis tinta pada printer inkjet inipun berbeda-beda. Terdapat tiga jenis tinta pada printer inkjet yakni, Pigmen art ink, Dye based ink, dan sublimation ink.

Kegunaan dari masing masing jenis tinta tersebut pun bermacam-macam. Jenis tinta yang banyak digunakan dan sangat umum dipakai pada printer inkjet ini ialah tinta jenis Dye based ink. Hal ini disebabkan dari segi harga yang murah dan sangat mudah didapatkan diberbagai stationery maupun toko printer. Sedangkan untuk tinta jenis Pigmen art ink lebih cocok digunakan untuk mencetak dokumen dalam bentuk gambar maupun desain grafis. Dan satunya lagi tinta jenis Sublimation ink, lebih dominan digunakan untuk mencetak stiker-stiker pada gelas, mug, dan benda lainnya.

4. Menggunakan Cartridge

Ciri khas yang terdapat pada printer inkjet lainnya yakni menggunakan cartridge. Cartridge ini sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan atau penampung tinta. Semua jenis tinta yang akan digunakan pada printer ini akan ditempatkan pada Cartidge ini.

Cartridge pada printer inkjet berbeda dengan printer lainnya. hal itulah yang memberikan perbedaan antara jenis printer satu dengan lain. Apabila terdapat masalah pada cartridge, ada dua cara untuk bisa memperbaikinya. Pertama dengan memperbaiki secara manual atau bisa langsung menggantinya dengan cartridge baru.

Media penampung tinta pada printer selain menggunakan cartridge secara langsung ini, jenis printer lain juga ada yang menggunakan selang infus dari ink tank. Perbedaan dari penggunaan cartridge langsung dengan menggunkan infus ialah dari segi pengisian. Jika menggunakan cartridge langsung, pengisian tinta haruslah menggunakan alat suntik untuk memasukkan tinta kedalam cartridge. Sedangkan jika menggunakan infus, tinta cukup dimasukkan pada tank yang berisi tinta-tinta warna.

5. Dapat mencetak foto dengan kualitas yang lebih bagus
Printer inkjet sangat handal dalam melakukan proses pencetakan dalam jumlah yang sedikit. Sebab, apabila dilakukan pencetakan dengan jumlah banyak pada printer inkjet ini, maka kinera dari printer inkjet akan semakin melambat. Meskipun begitu, printer ini sangat unggul dalam mencetak dokumen atau foto dengan kualitas yang sangat baik.

Baca juga: Cara Melihat Video Trending Youtube Negara lain

6. Cocok digunakan untuk industri kecil dan perorangan

Dikarenakan hanya mampu mencetak dokumen atau foto dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, maka printer inkjet ini sangat cocok digunakan oleh perorangan atau digunakan pada usaha-usaha kecil seperti stationery, pencetakan undangan, pencetakan foto, diwarnet dan lain sebagainya.

Dari beberapa ciri ciri di atas dapat kita simpulkan bahwa printer jenis inkjet ini sangatlah cocok digunakan pada orang-orang yang membutuhkan sebuah printer murah namun mendapatkan kualitas yang bagus. Namun, hal tersebut pun tergantung juga dari kebutuhan masing-masing.

Demikian lah ulasan mengenai ciri-ciri dan kegunaan dari printer inkjet. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *