Cara Menghapus URL Error / Broken Link dari Index Google Webmasters

Cara Menghapus URL Error / Broken Link dari Google Webmaster

Cara Menghapus URL Error atau Broken Link yang di Index Google Webmasters – Melakukan submit indexing terhadap mesin pencari google memang bisa dibilang hal yang wajib bagi para blogger. Namun setelah melakukan submit tersebut ternyata terdapat beberapa link yang error entah itu dari url blog kita sendiri ataupun url link keluar yang terpantau melalui Google search console.

Biasanya link yang terdapat error atau disebut juga broken link akan mendapatkan pesan “Error 404 Page Not Found” yang menandakan bahwa url link tersebut tidak aktif atau tidak ditemukan.

Tentu siapa saja yang mendapati dan mengunjungi halaman yang tidak ditemukan tersebut akan merasa bingung begitu juga sang pemilik blog. Url yang error ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap Ranking SERP di Google seperti ‘katanya’, Namun yang paling berdampak dari url error pada blog ialah saat kita mendaftarkan blog ke adsense.

Lalu pentingkah untuk menghapus atau memperbaiki broken link ini? Perlu. dengan kita menghapus dan memperbaiki setiap url error pada blog kita maka blog kita akan lebih baik lagi kedepannya.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dapat menghapus Url error atau broken link yang di Index pada Google Search Console atau Google Webmasters.

Cara Menghapus URL Error / Broken Link yang terindex pada Google Search Console

1. Buka Dashboard Google Search Console > Indeks Google > Hapus URL. (Untuk dapat menghapus url error silahkan beralih ke Search Console versi lama).

2. Pilih Sembunyikan sementara > Masukkan URL > klik Terus


3. Kemudian pilih Jenis Permintaan > Kirim Permintaan


4. Selesai

Silahkan tunggu beberapa jam atau 1×24 jam kemudian cek apakah url / link error tersebut masih ada atau tidak. 

Itulah bagaimana cara menghapus URL Error / Broken Link yang di index Google Search Console. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *