AMPUH! Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dan Komputer

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Laptop dan Komputer

Sebagian besar dari pengguna komputer dan laptop pasti pernah dengan tidak sengaja menghapus sebuah file ataupun sebuah direktori. Sangat menyebalkan bukan, apalagi file yang terhapus tersebut merupakan file penting yang sangat kita butuhkan. Tetapi tenang saja karena ada cara ampuh mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer.

Mungkin kalian pernah berfikir bagaimana bisa file yang terhapus permanen bisa di kembalikan lagi? Tentu bisa. Karena patut kamu ketahui pada dasarnya, sebuah file atau data yang terhapus sebenarnya file tersebut tidak benar-benar hilang dari komputer maupun laptop. Hanya saja kamu perlu mencoba agar file tersebut dapat kembali seperti semula.

Selain dari ketidak sengajaan pengguna dalam menghapus sebuah file, virus juga bisa menjadi salah satu penyebab hilangnya sebuah file. Maka dari itu simaklah beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar file kamu dapat terselamatkan.

Periksa dan Cek Folder Recycle Bin

Ketika data dihapus pada Windows, sebenarnya file tersebut tidak sepenuhnya terhapus dari komputer kamu. Windows akan menampungnya terlebih dahulu ke dalam sebuah folder karantina yang bernama Recycle Bin. Recycle bin ini merupakan fitur bawaan yang otomatis terpasang pada setiap komputer yang menggunakan sistem operasi microsoft Windows.

Di dalam recycle bin terdapat semua data atau file-file yang telah dihapus oleh penggunanya. Namun dalam konteks penghapusannya tidak secara permanen atau dengan menggunakan tombol delete saja. Tetapi jika kamu menghapus sebuah file dengan permanent (Shift + Delete) maka file yang tersebut tidak akan berada disini melainkan telah terhapus dari windows.

Periksalah dan cari file yang telah tidak sengaja kamu hapus tersebut pada folder Recycle bin ini kemudian klik kanan lalu pilih Restore. Folder Recycle Bin biasanya terletak pada Tampilan Desktop di windows.

Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Setelah kamu memeriksa folder Recycle Bin namun tidak mendapatkan file yang telah terhapus, jangan berkecil hati karena masih banyak cara yang dapat dilakukan agar file kamu dapat kembali dengan semestinya. salah satunya dengan menggunakan fitur Restore pada windows.

Cara yang satu ini tergolong mudah karena kamu tidak perlu menginstall aplikasi/software tambahan untuk melakukan pengembalian file. Namun pastikan dahulu bahwa kamu sudah mengaktifkan restore point pada laptop/komputer yang kamu gunakan.

Langkah:

1. Buka folder atau direktori dimana letak data yang telah terhapus sebelumnya

2. Klik kanan dan pilih Restore Previous versions,

3. Kemudian pilih tab Previous versions, lalu pilih folder terakhir yang ingin kamu restore

4. Lakukan Restore ke posisi terakhir sebelum dara tersebut terhapus.

Menggunakan software tambahan / Software Khusus

Jika 2 cara diatas belum juga membuahkan hasil dan belum bisa mengembalikan file yang telah terhapus. Santuy, karena ada cara yang paling ampuh untuk mengembalikan file/data yang telah terhapus yakni dengan menggunakan software/aplikasi khusus untuk recovery data.

Ada banyak software yang dapat membantu untuk mengembalikan file yang telah terhapus, bak itu berbayar maupun gratis. seperti:

1. MiniTool Partition Recovery

2. Recuva

3. PC Inspector File Recovery

4. dan Wise Data Recovery

Dengan menggunakan salah satu dari software recovery data diatas akan lebih besar peluang kamu untuk dapat mengembalikan file yang telah terhapus secara permanent. tetapi kamu harus sedikit bersabar karena proses recovery data akan membutuhkan waktu cukup lama tergantung dari seberapa besar file yang telah hilang. Jika terlalu lama maka disarankan untuk melakukan checking terhadap harddisk apakah dalam kondisi normal atau tidak.

Ada baiknya untuk kedepan kamu lebih berhati-hati lagi dalam melakukan penghapusan file, karena cara untuk dapat mengembalikan data yang telah terhapus secara permanen tidak lah semudah merestore data dari recycle bin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *