Pahami 6 Cara Mengajar TIK yang Menyenangkan di Sekolah

Cara Mengajar TIK yang Menyenangkan di Sekolah
Cara Mengajar TIK yang Menyenangkan di Sekolah

TIK atau lebih lengkapnya disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah salah satu mata pelajaran/bidang yang selalu ada dalam mata pelajaran sekolah umum. Mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sampai ke tingkat sekolah menengah atas (SMA). mata pelajaran TIK ini rata-rata sangat di sukai oleh para pelajar, Sebab perkembangan teknologi komputer saat ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadap anak-anak pada zaman sekarang ini. Apalagi ujian tingkat menengah ke atas sekarang juga telah menggunakan sistem komputerisasi sebagai metode pengujian dan penilaiannya.

Oleh karena itu, tidaklah heran jika mata pelajaran TIK ini cukup penting untuk dimasukkan kedalam daftar mata pelajaran wajib pada sekolah. Walaupun banyak dari siswa/siswi yang menggemari mata pelajaran yang satu ini namun ada juga yang kurang meminati pelajaran TIK ini.

Susahnya memahami dan mengenali istilah-istilah yang digunakan dalam dunia komputer membuat sebagian terkadang malas untuk mengikuti pelajaran ini dengan serius. Maka dari itu, sangat lah penting sekali peran guru dalam membimbing para siswi/siswi untuk mengajari siswa supaya mengerti pemahaman-pemahaman TIK ini dengan pembawaan yang efektif.

Baca juga: 5 Penyebab Baterai Laptop Habis Padahal Baru Membelinya

Agar siswa dapat paham dan mengerti setiap pembahasan dalam pelajaran TIK, ada baiknya dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan agar tidak mendampakkan kebosanan terhadap siswa. Seperti apakah metodenya? Simak lebih lanjut di bawah ini.

Cara Mengajar TIK yang Menyenangkan di Sekolah

1. Siapkan Materi untuk Pelajaran Besok Harinya

Persiapan materi yang akan diberikan kepada pelajar tentu harus sudah dipahami terlebih dahulu oleh semua guru, termasuk juga guru yang mengajarkan TIK ini. Jangan pula ketika tiba dikelas, guru tidak memahami apa yang harus di ajarkan kepada murid-muridnya. Jika hal tersebut terjadi maka murid pun akan kebingungan dan pasti merasa bosan untuk mengikuti pelajaran lebih lanjut. Jadi, sebaiknya guru harus memahami dan mempelajari lebih rinci terhadap apa yang akan dibahas dan apa saja hal yang harus disampaikan kepada murid.

Apalagi untuk guru TIK tingkat sekolah dasar, guru tersebut diharuskan untuk membuat rancangan materi yang disusun untuk satu semester kedepannya. Sebab pada tingkat sekolah dasar, mata pelajaran TIK kebanyakan belum termasuk kedalam kurikulum resmi sekolah. Dengan mempersiapkan materi pengajaran yang telah disusun oleh guru, maka guru tersebut pun akan lebih matang untuk memberikan pemahamannya kepada murid-murid.

2. Pastikan Fasilitas Memadai

Mata pelajaran TIK ini tentu sudah jelas akan banyak membahas pemahaman mengenai komputer. Oleh sebab itu pastikan sekolah telah menyediakan beberapa unit komputer atau laptop sebagai media praktikum untuk para siswa nantinya. Jika ketersedian komputer di lab tidak mencukupi, maka guru dapat membolehkan bagi siswa yang mempunyai laptop pribadi untuk membawanya kesekolah agar semua siswa dapat sama belajar dengan baik.

3. Perbanyak Praktek

Teori saja tentu akan sangat membosankan bagi para siswa. Maka cobalah untuk lebih sering mengajak anak murid ke dalam ruang praktek agar lebih meningkatkan semangat belajar dan pemahaman bagi siswa. Sama halnya dalam pelajaran olahraga yang lebih banyak mengandalkan praktek. Dalam TIK pun siswa akan jauh lebih mudah memahami jika mempraktekkan langsung di depan sebuah komputer dibandingkan dengan hanya membahas teori semata. Sudah menjadi tugas guru untuk mengimbangi pemahaman antara teori dan praktek terhadap para siswa dan siswi.

4. Belajar Sambil Bermain

Cara mengajar setiap anak bagi seorang guru tentu berbeda-beda tergantung dari tingkatan-tingkatannya. Akan tetapi ada satu metode yang memiliki keasamaan walau apapun stratanya, yakni menggunakan konsep belajar sambil bermain.

Konsep ini tentu sudah dipahami oleh semua kalangan guru pengajar. Jika pada tingkat dasar, maka perbandingan antara belajar dan bermain adalah 70:30. dan pada tingkatan menengah pertama antara 50:50. Terakhir pada tingkatan menengah atas yakni 60:40. Jelas. metode seperti ini sangatlah ampun membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan lebih menyenangkan dari pada metode belajar yang lebih serius dan monoton.

5. Gunakan Kreatifitas tanpa Melanggar Peraturan SOP

Meskipun kurikulum TIK hanya digunakan oleh beberapa sekolah saja. akan tetapi, aturan dalam TIK telah diatur berdasarkan SOP sekolah dan menteri pendidikan. yang intinya, Guru tetap boleh melakukan kreativitas maupun inovasi selama hal tersebut tidak melanggar aturan.

Menggunakan inovasi dan kreativitas dalam belajar mengajar dapat memberikan dorongan semangat yang lebih bagi para siswa dan siswa pun akan lebih antusis dalam belajar. Serta hal tersebut pun dapat memberikan stimulus dari pembelajaran yang dirasa monoton bagi siswa.

6. Berikan Penghargaan/Pujian

Salah satu hal yang bisa memotivasi semangat dari para siswa adalah diberikan penghargaan/hadiah. Hadiah yang dimaksud disini ialah tidak harus berupa sebuah barang. Namun anda juga bisa memberikannya dalam bentuk nilai ataupun pujian. Contohnya saja, jika ada seorang pelajar yang mampu mempraktekkan sebuah materi dari awal hingga akhir dengan benar, maka siswa tersebut akan mendapatkan nilai yang tertinggi. Tentu dengan hal ini para siswa akan lebih termotivasi untuk mendapatkan nilai yang lebih bagus dan meningkatkan giat belajarnya.

Baca juga: Jenis-jenis Monitor beserta Fungsi, Cara Kerja dan Spesifikasinya

Itulah tadi beberapa cara dan tips Cara mengajar mata pelajaran TIK yang menyenangkan di sekolah. Semoga semua guru-guru yang saat ini menjalani masa mengajar disekolah diberikan kesehatan oleh Allah agar dapat terus memberikan ilmu yang bermanfaat bagi siswa siswinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *