Begini! Cara Menghindari Dampak Negatif Internet pada Anak Anak

Cara Mencegah Dampak Negatif Internet pada Anak Anak
Cara Menghindari Dampak Negatif Internet pada Anak Anak

Cara Menghindari dan Mencegah Dampak Negatif Internet Pada Anak – Perkembangan teknologi informasi telah memberikan banyak perubahan dan dampak pada sikap dan perilaku di masyarakat. Hal tersebut bisa kita lihat dari sisi mendapatkan sebuah informasi berita yang aktual sekarang ini. jika dahulu untuk mendapatkan berita yang paling terbaru hanya bisa kita dapatkan melalui media koran, majalah, radio hingga televisi. Lain halnya dengan sekarang dalam untuk mendapatkan berita yang aktual dan terupdate kita hanya perlu menggandalkan sebuah handphone dengan terhubung akses internet saja.

Selain dari hal mendapatkan sebuah berita, dari segi hiburan pun dengan menggunakan sebuah smartphone kita dapat menikmati beragam hiburan seperti film, musik. berita, game dan lain-lain. Meskipun terlihat menyenangkan dan memudahkan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini tak lepas memiliki bermacam dampak negatif yang ditimbulkan.

Hal tersebut bisa kita cermati dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar anak-anak baik diindonesia maupun dunia telah mememang dan menggunakan sebuah smartphone entah pun itu milik orang tua, saudara bahkan miliknya sendiri yang diberikan orang tua walau umur mereka masih dibawah umur.

Baca juga: Pahami 6 Cara Mengajar TIK yang Menyenangkan di Sekolah

Smartphone yang tidak memiliki filter dan tak memiliki pengawasan anak anak dapat memberikan dampak buruk terhadap perkembangan anak-anak terutama sikap dan prilaku. Jika anak tersebut sudah terlanjur kecanduan dengan smartphone sekalipun kita larang, hal tersebut pun akan sulit ditanggapi oleh anak mengingat perbedaan zaman yang tertampak sekarang ini, apalagi dikalangan anak di masyarakat itu telah terpengaruh dengan smartphone. Maka dari itu, supaya dampak negatif dari internet ini tidak terjadi, maka sebaiknya lakukan langkah pencegahan dan pengawasan secara langsung bagi orang tua maupun orang yang terkait dengan cara berikut ini.

Cara Mencegah Dampak Negatif Internet pada Anak Anak

1. Kurangi pemberian / penggunaan gadget kepada anak

Cara paling ampuh jika anak anda belum terlalu terpengaruh dan kecanduan terhadap game maupun gadget adalah dengan mengurang dan membatasi penggunaan gadget kepada anak. jika anda sebagai orang tua telah memberikan penggunaan gadget secara pribadi kepada anak maka ada baiknya jika gadget pada anak tersebut anda ambil dan aturlah waktu apa saja yang memperbolehkan sang anak tersebut memegang gadget. Contoh, pada saat belajar, setelah anak melaksanakan sholat, setelah makan dan lain-lain.

Tak sedikit orang tua sekarang ini yang mengeluhkan menurunnya prestasi sekolah sang anak hanya karena besarnya dampak dari kecanduan penggunaan gadget ini terutama untuk bermain game yang mengganggu anak untuk belajar.

2. Biarkan lah anak bermain diluar bersama temannya

Membiarkan sang anak untuk bebas bermain dengan teman temannya di luar merupakan cara yang tergolong sangat efektif. jika sang memiliki dunia bermain luar yang lebih asyik bersama temannya maka hal tersebut lebih baik dari pada membiarkan anak berada didalam rumah dan asyik sendirinya dengan gadget.

3. Awasi secara langsung saat anak bermain gadget

Sering seringlah untuk mengecek gadget yang dimainkan anak anda dan Usahakanlah untuk sering bersama sang anak jika dia sedang memainkan gadget. agar anda dapat melirik dan memantau secara langsung apa yang sedang dilihat dan apa aktivitas anak didalam gadget. Perlu diketahui bahwa jangan sampai sang anak menggunakan gadget, komputer atau laptop sendirian di kamar. Sebab, hal tersebut lah yang membuka kesempatan bagi anak untuk dapat mencuri kesempatan melakukan hal yang tidak diinginkan.

4. Aktifkan fitur parental control

Didalam komputer atau gadget telah disediakan sebuah fitur bernama parental kontrol. fitur ini berguna sebagai “pengawas” yang dapat menggantikan posisi orang tua untuk menjaga anaknya dalam bermain gadget. Oleh sebabitu fitur semacam ini sangat efektif digunakan untuk mencegah anak melakukan hal yang tidak tidak disaat menggunakan smartphone.

5. Perbanyak aplikasi yang bermanfaat bagi anak

Pasanglah aplikasi-aplikasi yang berguna dan bermanfaat bagi anak, seperti aplikasi edukasi dan pembelajaran, baik itu edukasi tentang pelajaran umum maupun agama. Contohnya aplikasi belajar membaca, berhitung, pengetahuan, belajar sholat, mengaji, doa, dan lain lain. Dan begitu juga dengan aplikasigame, pasanglah game-game yang mengandung ilmu dan edukasi bermanfaat didalamnya untuk anak.

Baca juga: Cara Mengunci Layar Hp Android Secara Otomatis tanpa ribet

6. Gunakan aplikasi-aplikasi untuk memblokir situs situs terlarang

Apabila pada komputer maupun gadget yang digunakan anak tidak memiliki fitur parental control yang disebutkan tadi, maka anda dapat menggunakan sebuah aplikasi khusus yang dapat memblokir situs-situs berbahaya untuk anak. Contohnya, anda dapat membatasi dengan menggunakan firewall, proxy, ataupun aplikasi-aplikasi otomatis yang dapat membatasi situs situs terlarang lainnya. Dengan kita memblokir dan membatasi situs berbahaya bagi anak hal tersebut dapat memberikan rasa aman yang lebih kepada anak.

Dengan semakin mudahnya akses internet saat ini. membuat siapapun bahkan anak-anak dapat mengakses situs-situs yang tersedia di internet dengan bebas. Di sisi lain hal tersebut juga bermanfaat apabila sang anak mengakses internet dengan tujuan pembelajaran atau mencari tugas tugas sekolah di bidang pendidikan. Peran internet terhadap peningkatan prestasi belajar siswa juga merupakan contoh yang bagus dan positif dari adanya internet bagi pendidikan.

Jadi, jangan lalai dan lupa untuk selalu mengawasi anak anda pada kegiatan apapun. terutama dari derasnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, agar sang anak dapat terhidar dari bahaya dampak buruk yang disebabkan oleh perkembangan dunia internet ini jika tidak selalu diperhatikan. Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Webillian Adhi

    nice info, mungkin tambahan agar orang tua juga menyediakan waktu buat anaknya

  2. Bery Novriyadi

    Makasi banyak bang, btw ini komentar pertama di blog saya. semoga sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *