Begini Cara Memperbaiki Slot RAM Laptop yang Rusak

cara mengatasi slot ram yang rusak pada laptop
Cara Memperbaiki Slot RAM Laptop yang Rusak
Cara Mengatasi dan Memperbaiki Slot RAM Laptop yang Rusak – Berbagai permasalahan dan kerusakan yang cukup sering terjadi pada sebuah Laptop ialah pada bagian RAM nya. Salah satunya yakni slot RAM yang ada pada laptop tidak dapat membaca Ram yang terpasang. Dimana yang kita tahu bahwa fungsi RAM sendiri adalah hardware yang bertugas sebagai media penyimpanan sementara pada kinerja sistem komputer pada saat komputer menjalankan sebuah aplikasi/software hingga disaat menjalankan sistem operasi. Umumnya masalah yang ditimbulkan dari RAM ini sendiri ialah jumlah kapasitas memorinya berkurang dari semestinya atau tidak terbaca.

Contohnya, jika sebuah laptop memiliki dua slot RAM yang dipasang masing-masing slotnya 2GB memori, maka total memori yang kita dapatnya yakni adalah sebesar 4GB. Nah, pada suatu waktu namun terkadang memori RAM yang disaat kita gunakan malah berkurang menjadi 2GB saja. Jadi dari kasus seperti ini sudah dapat kita pastikan bahwa ada permasalahan yang terjadi terhadap RAM yang kita gunakan.

Langkah awal yang sering diambil untuk mengatasi hal ini biasanya pengguna akan mengecek kondisi slot ram dan coba memastikan slot mana yang tidak berfungsi/bermasalah. Mulai dengan membalikkan posisi kedua slot ram atau mencoba dengan memasang ram yang baru. Namun, apabila dengan mencoba mengganti dengan RAM yang baru tetapi tidak membuahkan hasil, Maka sebaiknya segera kamu memperbaikinya dengan cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Slot RAM yang Rusak pada Laptop

1. Pertama bukalah terlebih dahulu bagian tempat terletaknya slot memori RAM pada laptop, biasanya berada pada bagian belakang. Bukalah dengan menggunakan obeng.

2. Untuk mengetahui bagian Slot mana yang mengalami masalah, mulailah dengan melepas salah satu memori atau kemudian hidupkan laptop untuk memastikannya.

3. Setelah laptop dihidupkan, kemudian masuk pada bagian BIOS.

4. Lihat pada bagian memori yang digunakan pada tampilan BIOS tersebut. Apabila memori muncul angka-angkanya atau terdeteksi maka slot memori tersebut masih berfungsi dengan baik. Namun apabila salah satu slot yang kamu uji tersebut tidak terdeteksi maka sudah dipastikan bahwa slot tersebut lah yang mengalami kerusakan.

5. Jika kamu sudah menemukan bagian slot mana yang mengalami kendala, Langkah awal yang diambil mulailah dengan membersihkan pin RAM terlebih dahulu, bisa jadi kerusakan yang ditimbulkan di sebabkan oleh RAM laptop yang berbeda. Bersihkan pin RAM dengan menggunakan penghapus atau tissue dan menggosoknya satu arah secara perlahan.

6. Kemudian, diteruskan dengan membersihkan bagian slot RAM. Perlu kamu ketahui bahwa slot memori yang rusak bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor yakni adanya kotoran dibagian slot, atau adanya sedikit lecet karena paksaan pemasangan memori RAM. Untuk membersihkan slot RAM ini bisa menggunakan Vacuum cleaner mini atau menggunakan kuas kecil.

7. Jika sudah maka pasanglah kembali dengan benar memori RAM tersebut pada slot yang telah dibersihkan tadi. 

8. Pasanglah secara perlahan dan sedikit agak ditekan agar bagian pin RAM dapat berhubung dengan baik pada slotnya.

10. dan langkah terakhir adalah memasang kembali penutup memori RAM pada casing laptop kamu.

Namun apabila kamu takut atau tidak mengerti untuk melakukan perbaikan sendiri secara manual, ada baiknya untuk membawanya ke tempat service / perbaikan komputer agar permasalahan tersebut dapat mudah diatasi dan langsung oleh teknisi komputer yang lebih paham. Membawa langusng ke tempat service sangat disarankan apalagi jika laptop yang kamu gunakan masih dalam masa garansi karena dapat diperbaiki secara gratis.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara memperbaiki slot ram laptop yang rusak. Semoga bermanfaat.

1 comment

  1. josphene

    I wish more authors of this type of content would take the time you did to research and write so well. I am very impressed with your vision and insight. Ddr4 vs ddr3:Read Guide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *