Cara Membuat Hotspot Wifi Sendiri dengan CMD di PC Laptop Windows 10

Cara Mengaktifkan Hotspot Wifi Melalui Command Prompt (CMD) di Windows 10
Cara Membuat Hotspot Wifi Sendiri dengan CMD di PC Laptop Windows 10

Menjadikan Laptop atau komputer sebagai hotspot wifi mungkin sedikit terdengar sedikit asing bagi orang awam di bidang komputer. tak sedikit orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya pada komputer atau laptop kita sendiri pun bisa dijadikan hotspot layaknya hotspot portable yang ada di ponsel android. dan cara untuk bisa membuat hotspot ini sendiri pun sangat mudah, kita hanya perlu mengaktifkannya lewat media command prompt (cmd) yang tersedia di windows.

Kegunaan dari kita membuat dan mengaktfikan hotspot wifi yang ada pada pc atau laptop ini tak hanya untuk berbagi akses internet ke pengguna lain saja, namun juga bisa sebgai media pertukaran data atau sharing data antar perangkat komputer maupun laptop dan juga bisa dimanfaatkan untuk bermain game multiplayer lan secara offline.

Sama seperti pada windows 8 dan 8.1, pada windows 10 ini pun fitur setup untuk jaringan tipe AdHoc masih ditiadakan. Jadi untuk dapat membangun sebuah jaringan AdHoc, alternatifnya adalah dengan memanfaatkan virtual hostednetwork untuk menjadikannya hotspot wifi pada windows.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gaming di Windows 10 Auto Ngebut!

Kali ini penulis akan memberikan cara bagaimana untuk dapat membuat dan mengaktifkan hotspot wifi sendiri lewat cmd yang ada di laptop atau komputer kalian. Caranya cukup mudah, simak lebih lanjut bagaimana tutorialnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Hotspot Wifi Melalui Command Prompt (CMD) di Windows 10

1. Buka menu Search atau pencarian yang ada di bagian taskbar. Ketik cmd atau command prompt kemudian klik kanan > pilih Run as administrator.

2. Ketikkan perintah dibawah ini:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMAWIFI key=PASSWORDWIFI

Catatan: Ubah NAMAWIFI dengan nama hotspot Wifi yang kalian inginkan, dan pada PASSWORDWIFI ubah dengan password wifi yang kalian inginkan. kemudian tekan enter.

3. Jika pengaturan Hotspot telah dibuat, selanjutnya lakukan pengaktifkan Hotspot wifi dengan mengetikan perintah berikut:

netsh wlan start hostednetwork

4. Setelah aktif, kalian bisa mengeceknya melalui Control panel > Network and sharing center > Change adapter settings.

Cara Sharing Koneksi Internet ke Hotspot Wifi

Untuk cara bagaimana membagikan koneksi internet yang ada pada komputer atau laptop bisa lakukan langkah berikut.

1. Klik kanan > Properties pada Hotspot yang telah dibuat tadi. pilih tab Sharing kemudian centang Allow other network to connect…, Pilih jaringan mana yang menjadi sumber koneksi internet kalian. lalu OK.

2. Lakukan hal sebaliknya pada Jaringan yang menjadi sumber koneksi internet. Kemudian arahkan sharingnya ke Hotspot wifi yang telah dibuat tadi.

Cara Mematikan & Menonaktifkan Hotspot Wifi

5. Untuk menonaktifkan Hotspot Wifi tersebut, lakukan dengan menggunakan perintah ini pada cmd:

netsh wlan stop hostednetwork

6. Dan untuk mengaktifkan kembali hotspot wifi kalian tinggal mengulangi langkah tersebut.

Itulah penjelasan tutorial bagaimana cara membuat Hotspot wifi sendiri melalui cmd di laptop atau komputer windows 10. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *