Cara Membersihkan Printer Infus dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan Printer Infus dengan Baik dan Benar
Cara Membersihkan Printer Infus Dengan Benar

Printer saat ini sangat mudah dijumpai dimana saja, mulai dari sekolah, kantor, stationery, dan hal apapun yang berkait dengan percetakan. Dengan seringnya sebuah printer digunakan, tentu kita juga harus dituntut pula untuk selalu membersihkannya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membersihkan printer infus dengan benar.

Pada aktivitas pencetakan dalam jumlah banyak menggunakan printer seperti stationery, cetak undangan, dan lainnya. mereka lebih cenderung memilih menggunakan printer jenis infus untuk menjalankan usahanya. Kenali juga ciri-ciri dari printer Inkjet. Salah satu kelebihan dari printer jenis infus ini ialah kemudahan dalam mengisi ulang tinta dan hemat dalam penggantian cartridge baru.

Akan tetapi, bukan berarti printer infus tidak pernah mengalami kerusakan. dalam melakukan pengisian ulang tinta baru, tak jarang printer menjadi kotor karena tinta yang mengotori printer. Maka dari itu, berikut cara membersihkan printer infus dengan baik dan benar, baik itu membersihkan tabung infus, cartridge, dan tinta infus.

1. Bukalah pengait botol tinta pada printer

Langkah pertama yang dilakukan ialah dengan melepaskan botol tinta dan letakan. Usahakan botol tintanya sejajar dengan printer agar botol infus tidak mudah tumpah saat dibersihkan.

Ada baiknya suruh lah seseorang untuk memegang bagian botol tinta agar tinta tidak bertumpahan. Namun jika kamu sendiri dalam membersihkan printer infus lebih baik letakan diatas printer saja. dan jangan terlalu lama meletakkan nya diatas printer karena bisa merusak komponen printer tersebut.

2. Bersihkan tinta menggunakan lap yang lembab

Selanjutnya ialah dengan menyiapkan terlebih dahulu lap yang sudah dibasahi menggunakan cairan pembersih. Hindari penggunaan cairan pembersih yang terlalu banyak, karena jika lap yang digunakan terlalu basah maka akan berpotensi menyebabkan korsleting pada komponen printer.

Lap lah bagian printer yang terkena sisa tumpahan tinta dan bagian yang kotor. Lap secara perlahan.sampai kotoran dan bercak tinta benar-benar hilang.

3. Bersihkan bagian rolers dengan tisu

Bagian rolers termasuk bagian penting dari sebuah printer, setiap kertas yang dimasukan ke dalam [rinter hasil cetak akan keluar melalui rollers ini. Bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan tisu.

Pertama, cabut terlebih dahulu semua kabel daya yang terhubung dengan printer. kemudian buka casing printer sehingga bagian rollers akan tampak. Keluarkan semua kertas jika masih terdapat pada bagian rollers. Selanjutnya bersihka bagian-bagian rollers menggunakan tisu hingga bagian rollers tersebut benar-benar bersih.

4. Melakukan Head Cleaning

Kegunaan dari Head Cleaning ini sendiri adalah salah satu cara mengatasi tinta printer yang tidak mengalir. Head cleaning juga bisa dipakai untuk membersihkan tinta dari sisi software. Berikut adalah bagaimana Cara melakukan head cleaning.

Langkah:

  • Buka Control panel > Device & Printer. Lalu pilih printer yang kamu gunakan.
  • Klik kanan > Properties. pada printer yang sedang kamu bersihkan tersebut.
  • Klik tab maintenance. Kemudian akan muncul banyak pilihan untuk melakukan perawatan printer.
  • Pilih Cleaning untuk pembersihan tinta dalam mode biasa. Untuk membersihkan tinta dengan keseluruhan atau tingkat lanjut, bisa pilih Deep Cleaning.


5. Bersihkan printer seminggu sekali

Usahakanlah untuk selalu membersihkan printer minimal sekali dalam seminggu untuk lebih memperpanjang umur dari printer dan menghidari kerusakan.

Jangan lupa juga untuk melakukan pembersihkan terhadap warna tinta. Pilihlah semua warna pada proses pembersihan menggunakan mode pembersihan yang ada diprinter seperti pada poin diatas. dan cetak hasil opsi pembersihan tinta agar kamu dapat mengetahui apakah warna yang dihasilkan sudah bagus atau belum.

Jika kamu tidak dapat mengatasi dan melakukan pembersihan printer sendiri, maka ada baiknya untuk mengantarkan langsung printer tersebut ke tempat servis printer agar dapat ditangani langsung oleh ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *