Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 Secara Permanen

Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 Secara Permanen – Pernahkah kalian kehilangan file file tertentu di dalam komputer kalian tanpa kalian sadari sama sekali?, padahal kalian sama sekali tidak menghapus dan tidak melakukan apa-apa terhadap file tersebut. hal seperti ini sangat lumrah terjadi pada pengguna windows sampai sekarang ini, apalagi pada versi terakhir dari windows yakni windows 10 yang tentu tingkatan proteksi keamanan pada system tersebut selalu di perketat.

Oleh sebab itu jika windows mendeteksi sebuah file file yang berpotensi akan merusak system  secepatnya langsung di tangani oleh windows dengan proteksi mereka yaitu Windows Defender ini. berbeda dengan antivirus lain yang tersebar di internet, proteksi pada windows defender ini sangat lah menggangu dan tergolong sangat sensitif terhadap file-file yang mencurigakan apalagi jika kalian mempunyai file-file berjenis Crack yang bertujuan untuk membypass lisensi/keamanan dari sebuah aplikasi (bajakan).

cara menonaktifkan windows defender permanen pada windows 10
Cara Mematikan Windows Defender Permanen

Windows Defender adalah sebuah program proteksi keamanan yang bertujuan untuk melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari gangguan Malware atau perangkat pengintai (spyware), yang sebelumnya dikenal dengan nama Microsoft Spyware. Pada seri windows 8, Windows defender ini di kembangkan sebagai pengganti program antivirus Microsoft Security Essentials (MSE). Windows defender awal mulanya di ciptakan oleh Giant Company Software, inc. dan diakusisi oleh Microsoft pada 16 desember 2004. Versi betanya pertama kali dirilis pada bulan berikutnya yakni 6 januari 2005.

Berbeda dengan antivirus biasa seperti Smadav, Avast, McAfee dan lainnya, windows defender ini terkesan lebih agresif dalam mengeksekusi bermacam file yang kemungkinan merusak system apalagi bila file tersebut benar-benar file yang terproteksi sebagai malware virus/trojan. jika pada sebuah antivirus akan menampilkan dialog kontak yang memunculkan daftar file yang dianggap berbahaya sebelum langsung menghapusnya dari komputer, namun tidak untuk Windows defender ini. windows defender akan dengan sigap langsung mengeksekusi file jahat tersebut tanpa memberitahu kepada pengguna terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Permanen

Pada beberapa kasus kerap terjadi bahwa Windows defender ini langsung menghapus file-file yang berbau malware tanpa memberikan sebuah peringatan terlebih dahulu, namun ada sebagian yang muncul peringatan untuk menghilangkan file, tergantung dari seberapa kemungkinan file tersebut akan menyebabkan kerusakan pada system komputer kalian. Namun ada baiknya jikalau kalian tidak Mematikan & Menonaktifkan proteksi Windows Defender ini agar komputer atau Laptop kalian lebih kebal dan tentu akan lebih mengurangi kemungkinan untuk terserang berbagai malware jahat.

Cara Mudah Mematikan & Menonaktifkan Windows Defender secara Permanent pada Windows 10

Sebelum melakukan cara mematikan Windows defender di windows 10 ini saya sarankan agar kalian melakukan scanning terhadap komputer/laptop kalian terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa tidak adanya file-file yang bersifat merusak system pada komputer kalian dengan menggunakan program anti virus eksternal.

Langkah:

1. Buka kotak dialog RUN dengan menggunakan kombinasi keyboard “Windows+R”, Ketikkan perintah “regedit”, lalu OK. Jika Muncul User Account Control sepert ini silahkan klik OK.

2. Setelah Windows Registry Editor terbuka, Pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Policies > Microsoft > Windows Defender


3. Klik kanan pada table sebelah kanan, New > DWORD 32-bit Value

4. Beri nama value dengan “DisableAntiSpyware” ataupun juga bisa “DisableWindowsDefender”. lalu Pada Value data ubah dari 0 ke 1.

5. Silahkan restart terlebih dahulu komputer/laptop kalian, dan Windows Defender selesai untuk di nonaktifkan secara permanen.

Jika kalian tidak ingin mematikan Windows defender secara permanen seperti cara diatas, kalian juga bisa mematikan proteksi real-time nya saja langsung melalui panel Windows defender, dengan hanya mamtikan proteksi realtime nya saja windows defender akan terhibernasi atau tidak bekerja dalam beberapa waktu, biasanya akan mulai aktif kembali disaat kalian mereset komputer kalian.

Mematikan atau menonaktifkan Windows defender ini baik secara sementara maupun permanen sangat saya sarankan jika kalian hendak memasang sebuah software/aplikasi yang berukuran besar pada perangkat kalian apalagi software tersebut merupakan software bajakan yang tentu didalam nya terdapat sebuah file crack untuk membuka akses pada program yang akan kalian install. Agar tidak terjadi error disaat penginstalan maupun disaat pemasangan file crack pada aplikasi yang akan diinstall.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *